PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM IKAN ASIN DI KELURAHAN BELAWAN BAHARI KECAMATAN MEDAN BELAWAN (UMKM ”BU KAYA”).

Penulis

  • Tri Melda Mei Liana Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Agus Nakkok Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan

Kata Kunci:

strategi pemasaran, pemasaran digital

Abstrak

Pengelolaan usaha yang optimal akan berdapak pada peningkatan efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan pekerjaan. Bagi kelompok Usaha Mikro, Kecil, Menengah proses tersebut akan memberikan pengetahuan mengenai strategi pemasaran, teknologi dan pemasaran digital yang lebih mendalam. Jika sebelumnya kelompok usaha belum memiliki perencanaan usaha yang matang, pengelolaan kualitas produk yang belum optimal sehingga membedakan dengan produk pesaing, melalui penggunaan kemasan yang ramah lingkungan dan menarik dengan berbagai ukuran serta label/branding yang menarik dan mudah diingat sehingga kelurahan Belawan Bahari khususnya penggiat UMKM ikan asin  yang tergabung pada usaha “Bu Kaya” di Kecamatan Medan Belawan nantinya akan menjadi “ikon’ pengahasil ikan asin di kota Medan, penggunaan teknologi dan pemasaran secara digital dalam memasarkan dan mempromosikan produk ikan asin, maka setelah kegiatan ini baik pelatihan maupun praktek, diharapkan dapat membuat para UMKM bagaimana penggunaan teknologi dalam hal pemasaran secara digital, penerapan strategi pemasaran lainnya misalnya, kualitas, kemasan dan label.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-12-11