Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Saluran Distribusi, dan Promosi) terhadap Kepuasan Konsumen pada Vizta Gym Medan Focal Point
Keywords:
Pengaruh Bauran Pemasaran, Kepuasan KonsumenAbstract
Untuk memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Munculnya banyak distributor prodak alat fitness (Treadmill) sekarang ini, membuat konsumen memperoleh banyak pilihan sebelum memutuskan untuk membeli produk treadmill. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (Produk, Harga, Saluran Distribusi, dan Promosi) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah 125 orang yang membeli produk Treadmill merek fitpluss pada Vizta Gym Medan Focal Point. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 orang yang membeli produk treadmill merek pada Vizta Gym Medan Focal Point, yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,501 X1 + -0,257 X2 +0,982 X3 + - 0,312 X4 Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel Promosi (0,982), diikuti oleh variabel Produk (0,501), diikuti oleh variabel Harga (-0,257) dan terahir adalah variabel saluran distribusi (-0,312).Hasil uji t membuktikan bahwa variabel independen (Produk dan Promosi) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen. Sedangkan variabel independen (Harga dan Saluran distribusi) memberi pengaruh negatif yaitu terhadap Kepuasan Konsumen pada Vizta Gym Medan Focal Point.
Artinya menurut konsumen, 2 dari 4 variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan membeli produk Treadmill merek Fitpluss pada Vizta Gym Medan Focal Point. Dan koefisien determinasi (adjusted R) yang diperoleh sebesar0,700. Hal ini berarti 70% Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh variabel Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Promosi dan Saluran Distribusi), sedangkan sisanya yaitu 30% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL ILMIAH STINDO PROFESIONAL

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.